Home / INFORMASI TERBARU / Tips tune up mobil dan pengertiannya

Tips tune up mobil dan pengertiannya

                        Pengertian tune up  mobil

Mungkin kita sering mendengar istilah tune up di seputaran perawatan mobil.dan kita juga tidak tahu apa fungsi tune up,kapan kita melakukan pekerjaan tune up , serta pekerjaannya  apa saja tune up itu.Hal mendasar yang perlu kita ketahui adalah bahwa mobil yang sudah banyak di punyai orang pada waktu ini dan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian orang yang mampu adalah produk ciptaan manusia.

pertama kali mobil bensin oleh Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Pada 5 November 1895, George B.  sampai saat ini telah dilakukan penyempurnaan oleh beberapa pabrikan mobil di dunia agar semakin aman dan nyaman saat di pakai.hal yang perlu kita lakukan sebagai pemilik mobil untuk menjaga kondisi kendaraan agar bisa selalu prima.sebaik apapun ,se canggih apapun kwalitas mobil baru yang kita punya kalau tidak di imbangi dengan Sejak di temukannya perawatan yang tepat pada akhirnya kondisi kenyamanan dan keamanan mobil yang sudah di ciptakan oleh pabrikan pasti akan memudar.disamping itu karena mobil itu adalah kendaraan yang terdiri dari komponen-komponen onderdil mesin yang otomatis tidak bisa ngomong sendiri bila mana merasakan keluhan pada komponen-komponennya. Oleh sebab itu kita sebagai pemakai mobil harus bisa peka terhadap kondisi mobil yang kita pakai.agar stamina dan performa mobil bisa tetap terjaga.berangkat dari situlah mulai muncul istilah tune up mobil.

Pengertian tune up

Adalah pekerjaan perawatan,perbaikan  mobil agar dapat menjaga atau memulihkan stamina/performa suatu mobil.

Langkah – langkah pekerjaan tune up

  • Pemeriksaan aki /accu

Meliputi : pemeriksaan air accu, kabel-kabel koneksi accu,pemeriksaan tempat penyangga dan lainnya yang berkaitan dengan accu mobil.

bengkel mobil jogja
  • Pemeriksaan filter udara

Meliputi : pengecekan filter udara dari kotoran , bilamana kisi-kisi filter masih rapi atau belum rusak hanya perlu penyemprotan filter untuk menghilangkan debu tetapi bila mana alur kisi-kisi filter sudah berujud bengkok dan jarak garis satu dengan lainnya sudah tidak karuan akan lebih maksimal untuk dig anti

  • Pemeriksaan filter bahan bakar

Meliputi : pemeriksaan secara visual untuk kebersihan filter bensin, bisa dengan di lepas dan membersihkannya,dan bilamana filter tersebut sudah sangat kotor akan lebih baik kalau dig anti.

cara cek filter bensin
  • Pemeriksaan  busi

Meliputi : busi lebih baik di ganti setiap mobil mempunyai jarak tempuh 10.000 kilometer atau anda juga bisa membandingkan secara visual konektor busi baru dan bekas, bilamana konektor sudah aus cukup banyak mending segera  dig anti.

  • Pemeriksaan tali kipas

Meliputi : memeriksa kondisi fisik tali kipas dan kekencangannya,kondisi fisik bisa dilihat dari tali kipas yang sudah pecah-pecah seratnya serta kadang sudah aus di bagian luarnya .sedangkan untuk kekencangan tali kipas dengan alat  spring scale kemudian ditarik dengan gaya 10 kg, sabuk kipas yang baik akan merenggang antara 6-11 mm.

bengkel mobil jogja
  • Pemeriksaan karburator

Meliputi : kebersihan karburator bagian luar dan dalam serta pengecekan bak tamping bahan bakar (di karburator) itu untuk mobil manual sedangkan untuk mobil injeksi biasanya di tambah dengan membersihkan sensor idle dan sensor karburator. Dari bagian sekitaran itu juga bisa di lakukan penyetelan gas .

  • Pemeriksaan celah katub

Meliputi : untuk mobil manual masih perlu di lakukan penyetelan katub atau setel klep secara berkala agar kerengganganya sesuai ukuran dan merata untuk tiap klep IN maupun EX. Tetapi untuk mobil terbaru biasanya sudah memakai jenis pin sehingga tidak perlu penyetelan dan bilamana klep sudah longgar bisa diatasi dengan menggantinya.

bengkel mobil jogja stel klep
  • Pemeriksaan kabel busi dan tutup distributor

Meliputi : Perbaikan di beberapa bagian ini dilakukan secara berurutan, untuk menghemat waktu. Pemeriksaan tutup ditributor sebaiknya jangan dilakukan setelah mesin dihidupkan.

Pada bagian ini, periksa juga kabel busi apabila terkelupas atau rusak. Nyala api busi sangat dipengaruhi oleh kondisi kabel-kabel businya.

Langkah selanjutnya yaitu buka busi untuk memeriksa elektroda, yang meliputi kebersihan dan celah elektrodanya. Elektroda yang kotor harus diampelas dengan ampelas besi, lalu setel ulang celah elektroda sesuai standar pabrikan. danya kotoran pada kedua elektroda busi bisa mengakibatkan terhalangnya jalan loncatan bunga api listrik.

  • Pemeriksaan oli mesin,minyak rem,minyak kopling,minyak power stering

Meliputi : pemeriksaan minyak serta oli yang berada di bak penampungan ,usahan kan cairan tersebut diatas selalu dalam posisi level teratas di penanda yang tertera di bak tampungnya.

Check Also

10 tips sederhana perawatan mobil bagi pemula

10 tips sederhana perawatan mobil bagi pemula

Kendaraan transportasi jenis mobil saat ini bagi sebagian orang sudah menjadi suatu kebutuhan pokok untuk …

4 comments

  1. Dear Sir

    Our client is interested to invest in your region for good Return on Investment.

    if you have ideas, please contact us on +97365009688 or mh@indogulfbs.com

    Best regards

    Mr. Mat Hernandez

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI online
error: Content is protected !!