Home / INFORMASI TERBARU / Tips lengkap perawatan dan cek aki/accu mobil

Tips lengkap perawatan dan cek aki/accu mobil

Pengertian dan Fungsi  accu /aki

Pengertian  accu /aki :
Accu  atau aki,adalah sebuah sel listrik dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel (dapat berbalikan) dengan efisiensinya yang tinggi. Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel, adalah di dalam baterai dapat berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik (proses pengosongan), dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia, pengisian kembali dengan cara regenerasi dari elektroda-elektroda yang dipakai, yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah (polaritas) yang berlawanan di dalam sel.

bengkel mobil jogja

Fungsi accu / aki :

Accu  atau aki pada mobil berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lain.

Jenis Jenis Aki Mobil berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Aki mobil tentunya menjadi salah satu bagian penting di dalam sebuah kendaraan. Tanpa adanya aki, tentunya mobil tidak dapat dijalankan sama sekali. Namun tahukah anda bila terdapat jenis jenis aki mobil yang biasa digunakan. Nah untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa jenis jenis aki mobil yang perlu anda ketahui.

1. Accu / Aki Basah

Aki basah merupakan jenis aki yang dapat mudah anda temukan di pasaran, bahkan mungkin hampir setiap toko-toko perlengkapan mobil menjual jenis aki ini. Aki basah merupakan aki standart yang sering di jumpai pada kendaraan bermotor. Ciri-ciri dari aki ini adalah adanya cairan H2SO4 di dalamnya (asam sulfat).

bengkel mobil jogja

Kelebihan:

Kelebihan dari aki basah ini adalah harga jualnya yang lebih murah. Anda juga dapat dengan mudah menemukannya di pasaran. Selain itu, jenis aki ini juga dapat dipakai hingga berulang kali bila anda dapat merawatnya dengan baik.

Kekurangan:

Karena adanya cairan elektrolit di dalamnya, maka anda perlu mengecek kondisi aki secara berkala. Hal ini dikarenakan cairan H2SO4 mudah sekali menguap. Perawatan yang tidak tepat pun dapat membuat cairan di dalamnya tumpah dan menyebabkan komponen-komponen lainnya terkena dampaknya. Seperti yang anda ketahui, cairan aki memiliki sifat korosif yang dapat merusak komponen, khususnya yang terbuat dari besi

2. Accu / Aki Maintenance Free (Aki Kering)

Aki MF (Maintenance Free) atau yang dikenal oleh orang-orang indonesia dengan nama aki kering merupakan jenis aki lainnya yang populer selain aki basah. Meskipun menggunakan istilah “kering”, namun bukan berarti tak ada cairan elektrolit di dalamnya.

Namun pada bagian atas aki, terdapat segel yang cukup kuat sehingga dapat mencegah terjadinya penguapan cairan di dalamnya. Selain itu, segel tersebut juga mencegah cairan elektrolit dapat tumpah mengenai komponen lainnya.

bengkel mobil jogja

Kelebihan:

Karena adanya segel yang kuat pada bagian atas aki, tentunya anda tak perlu merawat dan melakukan penggantian aki secara berkala. Tentunya hal ini sangat cocok bagi anda yang ingin pekerjaan praktis.

Kekurangan:

Tentunya kelebihan-kelebihannya tersebut sebanding dengan harganya yang cukup mahal. Selain itu karena lubang bagian atas tertutup, maka bila kemampuan aki sudah melemah tentunya mau tidak mau anda harus menggantinya dengan yang baru. Pemakaiannya pun lebih singkat dari jenis aki basah.

3. Aki Kalsium

Jenis aki mobil ini sebenarnya hampir serupa dengan aki basa, namun pada kutub baterainya terbuat dari kalsium. Baik pada kutub negatif dan positifnya sama-sama terbuat dari material kalsium. Tingkat penguapannya juga lebih kecil dibandingkan pada aki-aki basa pada umumnya. Jenis aki ini tidak terlalu populer di pasaran Indonesia, mungkin karena banyak orang yang belum memahaminya.

bengkel mobil jogja

Kelebihan:

Salah satu kelebihan dari jenis aki ini adalah kemampuan baterainya yang sangat baik dalam menyimpan arus listrik, bahkan bila dibandingkan dengan aki basah.

Kekurangan:

Anda akan susah mendapatkan, jarang sekali toko yang menjual jenis aki ini. Kalaupun ada, tentunya stoknya cukup terbatas.

4. Aki Hybrid

Jenis aki ini menggunakan teknologi terbaru di dalamnya. Dapat dikatakan bahwa jenis aki ini merupakan kombinasi antara aki basa dengan aki kalsium. Namun yang membedakan adalah adanya kutub baterai. Sama seperti aki kalsium, aki hybrid kurang begitu populer di kalangan masyarakat, meskipun beberapa orang berpendapat bahwa jenis aki ini terbilang lebih bagis bila dibandingkan dengan aki basah.

bengkel mobil jogja

Kelebihan:

Usia pakai nya lebih lama bila dibandingkan dengan jenis aki basah. Sehingga anda bisa lebih menghemat biaya penggantian. Selain itu, penguapan cairan di dalamnya lebih minim.

Kekurangan:

Sulit ditemukan pada toko-toko yang skalanya kecil. Selain itu, cairan elektrolit di dalamnya memiliki sifat korosif yang lebih berbahaaya, apalagi jika sampai mengenai anggota tubuh.

5. Aki Gel

Jenis aki ini merupakan aki dengan teknologi yang paling terbaru. Aki ini menggunakan gel sebagai pengganti dari cairan elektrolit. Sehingga lebih ramah terhadpa lingkungan serta mengurangi resiko bila gel dapat tumpah seperti pada aki-aki yang biasa.

bengkel mobil jogja

Kelebihan:

Hampir sama dengan aki kering, jenis aki ini bebas dari segala macam perawatan. Bahkan usia pemakaiannya 2x lebih lama dibandingkan aki-aki lainnya. Selain itu, anda juga tak perlu khawatir jika isi aki dapat tumpah dan mengenai komponen mesin lainnya

Kekurangan:

Karena teknologi terbaru yang digunakan, tentunya jenis aki mobil ini memiliki harga yang sangat mahal. Karena masih baru dan belum banyak peminat, anda akan susah menemukannya di pasaran

Nah itu tadi beberapa jenis jenis aki mobil yang ada dan digunakan pada mobil-mobil. Tentunya setiap aki memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing. Pastikan jenis aki yang anda gunakan sudah sesuai dengan mobil anda. Sehingga dapat menunjang peforma mobil menjadi lebih baik. Semoga informasi diatas sangat bermanfaat bagi anda.

Tips merawat accu /aki mobil

Aki mobil adalah salah satu komponen terpenting yang ada di dalam mobil. Fungsi utama dari aki adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya. Saat aki mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil pun menjadi terganggu. Lantas apa yang harus dilakukan agar kondisi aki mobil tetap prima dan tidak cepat tekor?


Berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam merawat aki mobil agar awet

1. Perhatikan Beban Penggunaan Aki

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi atau bengkel biasa

bengkel mobil jogja

2. Bersihkan Aki Secara Berkala

Salah satu tips termudah dalam menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

bengkel mobil jogja

3. Panaskan Mobil Secara Berkala

Tahukah Anda bahwa memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda? Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5 hingga 10 menit.

bengkel mobil jogja

4. Pastikan Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil Nissan Serena Anda. Saat Anda merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mobil Anda sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.

bengkel mobil jogja

5. Lepas Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan

Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.

bengkel mobil jogja

6. Pilih Aki Kering Dengan Kualitas Terbaik

Aki kering yang ada digunakan oleh mobil Nissan Serena adalah salah satu aki kering dengan kualitas terbaik yang ada di pasaran. Untuk kenyamanan mengemudi ada baiknya agar selalu menggunakan aki kering dengan kualitas terbaik. Salah memilih model aki atau memilih aki abal-abal hanya akan merusak komponen mobil Anda yang lainnya. Hal ini dikarenakan aki mobil berhubungan erat dengan kelistrikan mobil. Jika suplai listrik ke dalam komponen-komponen lain terganggu, bukan tidak mungkin komponen tersebut akan cepat rusak atau bermasalah.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar aki mobil terbaik pilihan keluarga, Nissan Serena Anda tidak cepat tekor ataupun soak. Jangan sampai pengalaman berkendara Anda bersama Nissan Serena menjadi terganggu karena Anda tidak tahu cara merawat aki yang benar.

Check Also

10 tips sederhana perawatan mobil bagi pemula

10 tips sederhana perawatan mobil bagi pemula

Kendaraan transportasi jenis mobil saat ini bagi sebagian orang sudah menjadi suatu kebutuhan pokok untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI online
error: Content is protected !!